More Categories

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 26 Juni 2020

Olahraga Saat Puasa Ternyata Berdampak Baik untuk Tubuh





Olahraga waktu puasa? Siapa takut! Olahraga di bulan puasa banyak faedahnya, lho. Olahraga waktu puasa memang terdengar "menakutkan". Bagaimana tidak, di waktu perut lapar selanjutnya badan diminta untuk olahraga.

Kenyataannya, olahraga waktu puasa berefek baik pada kesehatan. Malah, olahraga waktu puasa benar-benar disarankan. Tetapi, Anda harus tahu dahulu waktu paling baik olahraga waktu puasa, serta tipe olahraga yang diperkenankan.

Olahraga waktu puasa, kapan harus dilaksanakan?Apa olahraga waktu puasa aman dilaksanakan? Ya, berpuasa sekalian meneruskan rutinitas olahraga dipandang aman. Menurut seorang pakar kesehatan badan, olahraga tetap harus jadi sisi penting dalam kehidupan yang jangan ditinggalkan, termasuk juga waktu puasa.

Menurut dia, stop olahraga semasa satu bulan penuh waktu Ramadan, sama juga dengan tidak olahraga semasa 4 bulan. Pikirkan saja apakah yang akan berlangsung bila badan tidak olahraga beberapa bulan. Tentunya mengerikan, kan? 

Sebelum olahraga waktu puasa, Anda harus tahu dahulu waktu paling baik untuk olahraga di bulan Ramadan.

Sebelum sahur

Olahraga waktu puasa bisa dilaksanakan sebelum sahur. Seputar 1/2 jam sebelum sahur, minumlah air yang banyak untuk jaga badan masih terhidrasi. Kemudian, berolahragalah. Karena, sebelum sahur ialah waktu olahraga yang dianjurkan semasa bulan Ramadan.

Sesudah berbuka puasa

Sesudah berbuka puasa jadi waktu olahraga waktu puasa yang pas. Tunggu makanan diolah secara baik oleh badan. Jika Anda memaksa diri untuk olahraga di waktu makanan belum usai diolah, karena itu kerugian yang Anda peroleh.

Pilihan yang lain ialah tidak konsumsi makanan berat waktu buka puasa, agar session olahraga Anda efisien serta maksimal. Sesudah olahraga, baru Anda konsumsi makan berat.

Sesudah isya

Jika ingin semakin amannya, sesudah Isya ialah waktu yang dianjurkan untuk olahraga. Karena, pada pukul 19.00 ke atas, makanan yang Anda lahap waktu berbuka puasa telah tercerna secara baik. Hingga session olahraga Anda juga bertambah tambah energi.

Ingat-ingatlah, session olahraga pada bulan puasa jangan melewati 60 menit. Disamping itu, batasilah olahraga kardio sekitar 2 barangkali dalam satu minggu.

Tipe olahraga waktu puasa yang direferensikanSebelum ketahui beberapa tipe olahraga waktu puasa, perlu ditekankan jika olahraga fisik ketahanan, plyometrics, kecepatan, serta kelincahan harus dijauhi seutuhnya. Dalam kata lain, pilih tipe olahraga yang mudah serta berintensitas rendah.

Jangan salah, olahraga mudah serta berintensitas rendah mempunyai efek bagus untuk kesehatan badan Anda. Satu analisa dari Kampus Georgia, Amerika Serikat serta mengatakan, olahraga mudah berintensitas rendah dapat menahan rasa lesu.

Di bawah ini ialah beberapa tipe olahraga waktu puasa yang dapat dilaksanakan:

Langkah Memperoleh Kemenangan Main Judi Bola Online

1. Jalan kakiJalan kaki dipandang seperti olahraga mudah yang bisa dilaksanakan waktu puasa. Serta jalan kaki dalam tempat sekalinya!

Karena, jalan kaki mempunyai banyak faedah untuk badan, termasuk juga jaga kesehatan jantung serta paru-paru, turunkan efek penyakit jantung serta stroke, menguatkan tulang serta memantapkan badan, tingkatkan kemampuan dan ketahanan otot, sampai kurangi lemak badan.

2. Yoga
Olahraga waktu puasaJenis olahraga yang telah dilaksanakan semenjak jaman dahulu kala ini ialah tipe olahraga waktu puasa yang dapat dicoba, serta di rumah sekalinya.

Nyalakan saja video training yoga di dunia maya, serta bersantailah di muka computer atau tv Anda sekalian ikuti si pelatih.

Pilih yoga dengan tingkat intensif rendah, seperti Sukhsana (meletakkan ke-2 tangan di lutut sekalian duduk bersila) , sampai Tadasana (berdiri tegak sekalian meletakkan ke-2 tangan disamping tubuh).

3. BersepedaBersepeda ialah tipe olahraga waktu puasa yang menyenangkan, yang serta dapat dilaksanakan sekalian "ngabuburit".

Naik sepeda semasa 30 menit saja mempunyai banyak faedah, seperti tingkatkan kesehatan jantung, tingkatkan kemampuan serta elastisitas otot, tingkatkan mobilitas sendi, sampai menurunkan depresi.

4. Turun-naik tanggaNaik-turun tangga memang sering dipandang remeh. Walau sebenarnya, tipe olahraga waktu puasa ini mempunyai banyak faedah serta berintensitas rendah.

Faedah turun-naik tangga mencakup membakar kalori, tingkatkan kesehatan jantung, tingkatkan ketahanan badan dalam olahraga, sampai meningkatkan kemampuan badan.

5. JogingJoging atau lari perlahan ialah tipe olahraga waktu puasa yang dapat juga jadi pilihan. Tak perlu jauh ke luar rumah untuk lakukan joging. Di halaman depan rumah saja, Anda dapat juga lakukan joging. Serta sekalian menanti buka puasa sekalinya.

Joging mempunyai banyak faedah untuk badan, seperti tingkatkan kemampuan tulang, memperkuat otot, mempertahankan kesehatan jantung, serta jaga berat tubuh badan.

6. Tai chiDari pergerakannya saja, tai chi telah seperti terlihat tipe olahraga yang tidak mengonsumsi energi banyak. Tetapi jangan salah, faedah tai chi sangat bermacam, dari mulai tingkatkan otot, konsistensi, serta elastisitas badan, sampai tingkatkan peranan kognitif.

7. Sit up serta push up
Olahraga waktu puasaSit up serta push up ialah olahraga waktu puasa yang berintensitas rendah. Tentunya, Anda harus sesuaikan energi yang Anda punyai dengan pergerakan olahraga ini.

Sit up mempunyai banyak faedah, seperti jaga bentuk badan, membuat otot perut, kurangi efek ngilu pinggul, sampai tingkatkan elastisitas badan.

Disamping itu, push up dapat jaga kestabilan badan, jadi besar massa otot, sampai memperkuat otot perut.

Yuk ketahui persiapan puasa di sini!

Apa bumil bisa puasa? Silahkan ketahui jawabannya ini.

Puasa banyak faedahnya! Ketahui beberapa faedah puasa di sini.

Panduan lakukan olahraga waktu puasaOlahraga waktu puasa jangan dilaksanakan asal-asalan. Ada banyak persiapan serta panduan yang perlu Anda kerjakan seperti berikut, agar session olahraga waktu puasa memberi faedah kesehatan:

Konsumsi 6-10 gr karbohidrat per kg berat tubuh (waktu berbuka puasa serta sahur)

Konsumsi 1,2 gr protein per kg berat tubuh

Konsumsi lemak harus capai 20-30% dari keseluruhan konsumsi energi

Penuhi keperluan cairan supaya badan masih terhidrasi

Olahraga waktu puasa benar-benar direferensikan untuk jaga kesehatan badan. Tetapi harus diingat , pilih olahraga dengan intensif rendah, supaya puasa masih lancar. Disamping itu, janganlah lupa saat-saat paling baik olahraga di bulan Ramadan.

[[artikel-terkait]]

Bila perlu, tanyakan dahulu sama dokter tentang olahraga waktu puasa. Karena, dokter dapat mengecek ketahanan serta persiapan badan Anda untuk olahraga di bulan puasa.

0 on: "Olahraga Saat Puasa Ternyata Berdampak Baik untuk Tubuh"