More Categories

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 26 Juni 2020

Kontroversi Yoga Bikram di Ruangan Panas, Berbahayakah?





Bikram yoga dilaksanakan di ruang bersuhu tinggi Yoga bikram bukan hal asing di dunia olahraga meditasi ini, termasuk juga di Indonesia. Ada pro-kontra bertumbuh berkaitan yoga bikram; dipandang membuat pesertanya kerepotan ada di ruang bersuhu tinggi dalam waktu lama sampai tidak tahu lagi batas kekuatan dianya. Di lain sisi, ada yang memandang yoga bikram berguna buat kesehatan.

Mengulik riwayat yoga bikramYoga bikram ialah satu cara yoga diambil dari Bikram Choudhury, guru yoga yang mulai mengajar semenjak 50 tahun kemarin. Yoga bikram berdasarkan pada 26 bentuk (asana) serta dua tehnik pernafasan. Hal yang sangat memperbedakan yoga bikram dengan latihan yoga lain ialah peserta harus ada di ruang bertemperatur seputar 40 derajat Celsius dengan kelembapan 40-60%.

Pro-kontra yoga bikramSorotan pada yoga bikram pasti bukanlah tanpa ada fundamen. Terdapat beberapa riset serta studi yang dilaksanakan untuk ketahui apa tehnik dalam yoga bikram betul-betul berguna atau malah membuat pesertanya kerepotan.

Beberapa pro-kontra serta sorotan pada yoga bikram salah satunya:

Berlawanan dengan yoga classic

Lakukan yoga di ruang dengan suhu tinggi ialah satu kontradiksi sebab membuat keadaannya jadi serba berlebihan. Walau sebenarnya, akar yoga classic ialah dengarkan badan tanpa destruksi. Menurut pandangan orang yang menyorot yoga bikram, saat seorang berkeringat terlalu berlebih karena itu session yoga akan membuat kerepotan.

Semestinya, yoga mempunyai tujuan untuk memproses energi (prana) bukan menghidupkannya terlalu berlebih. Serta pro-kontra ini mengacu pada apakah yang disebutkan Dalai Lama, jika segala hal yang tidak terlalu berlebih malah dapat didalami.

Tidak perlu temperatur tinggi

Dalam satu riset Texas State University, diketemukan jika yoga bikram tak perlu dilaksanakan dalam ruang bersuhu tinggi untuk memperoleh faedahnya khususnya buat kesehatan jantung. Menurut team periset, perkembangan dinding arteri yang terkait dengan jantung masih dapat diketemukan walau yoga dilaksanakan dalam temperatur normal.

Langkah Memperoleh Kemenangan Main Judi Bola Online

Intoleransi panas

Buat orang yang keadaannya tidak sedang bugar atau mungkin tidak terlatih lakukan yoga bikram, ada peluang alami intoleransi temperatur begitu tinggi atau keadaan panas. Ditambah, dalam kelas yang berdurasi 90 menit peserta ada di ruang tertutup dengan suhu 40 derajat Celsius.

Bila tidak dapat tertahan, ada peluang orang yang alami intoleransi panas akan merasai sakit di kepala, disorientasi, sampai mual.

Tidak tahu batasan diri

Kritikan lain pada yoga bikram ialah peserta tidak dapat dengarkan batasan badan mereka jika pelatih bikram terus-terusan memerintah lakukan gaya sampai jangan tinggalkan ruang sampai kelas selesai. Pasti tidak semua kelas semacam ini, tetapi mereka yang mengkritik menyebutkan situasi ini membuat peserta tidak dapat dengarkan batasan diri mereka.

[[artikel-terkait]]

Bagaimana dengan kelebihan yoga bikram?Tetapi pasti yoga bikram tidak selalu masalah kontroversinya. Bila sampai sekarang kelas-kelas yoga bikram masih berjalan dengan peminat yang lumayan banyak, berarti ada orang yang merasai faedah dari yoga bikram. Apa sajakah? 

Bagus untuk kesehatan jantung

Lakukan yoga bikram semasa kira-kira 60-90 menit bisa membuat pembuluh darah di jantung aktif memompa serta lebih ellastis. Riset lain mengatakan jika yoga bikram berguna untuk kesehatan jantung khususnya buat mereka yang berumur paruh baya.

Membakar kalori

Sama dengan tipe olahraga lain, peserta yoga bikram mengaku mereka membakar 460 kalori pada sebuah session kelas dalam ruang bersuhu tinggi. Meskipun begitu, perlu untuk diketahui jika pada sebagian orang detak jantung mereka dapat tembus 150 per menit waktu session kelas yang sangat susah. Ini mengisyaratkan tanggapan badan pada temperatur seputar, bukan pembakaran kalori karena pergerakan yoga.

Lihat hal berikut sebelum coba yoga BikramTerlepas dari pro-kontra serta faedah dari yoga bikram, ketahui dahulu diri kita. Olahraga dalam waktu lama di ruang bersuhu tinggi kemungkinan tidak untuk kesemua orang. Intinya, buat mereka yang mempunyai permasalahan klinis seperti penyakit jantung, ngilu tulang belakang, asma, serta diabetes.

Belum juga ibu hamil yang perlu tambahan berhati-hati pada pilihan olahraga semasa memiliki kandungan. Daripada ikuti yoga bikram di ruang panas yang dapat kurangi konsumsi oksigen pada janin, ada pilihan yang semakin aman seperti yoga kehamilan atau prenatal yoga.

Semestinya, yoga jadi olahraga yang membuat seorang dapat dengarkan badan mereka tanpa destruksi terlalu berlebih. Buat sebagian orang, yoga bikram ialah jawabannya. Tetapi buat seseorang, dapat jadi yoga bikram di rasa membuat kerepotan.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQApabila waktu coba session yoga bikram Anda berasa kecapekan, susah bernapas, sampai susah jaga fokus, seharusnya berikan interval buat badan. Kemungkinan, tipe yoga lain – ada banyak yang dapat didalami – semakin pas untuk Anda.

0 on: "Kontroversi Yoga Bikram di Ruangan Panas, Berbahayakah?"